StzVFfONkVNub08QOzjWYWjFBVFoGv8oxXyAe1jn
Bookmark

Mobil Damkar Armada Terbaru Dinas Pemadam Kebakaran Lampung Selatan


Lampung Selatan, beritadelapan.id - Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), kedatangan satu unit Mobil Pemadam terbaru. Pengadaan ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan merespons cepat jika terjadi kebakaran. 

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan menambah satu armada mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas 4.000 liter.

Acara serah terima resmi dari pabrikan karoseri pemadam dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Lampung Selatan, sebagai tanda pengoperasian mobil pemadam kebakaran tersebut secara resmi ditandai dengan pemecahan kendi oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto didampingi Sekretaris Daerah, Thamrin, di halaman kantor dinas pemadam kebakaran dan Penyelamatan setempat, Jumat pagi (9/8/2024).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Lampung Selatan, M. Sefri Masdian, menyampaikan rasa syukurnya atas penambahan armada tersebut. Sefri menuturkan, dengan bertambahnya armada itu, akan memperkuat upaya pemerintah daerah dalam menangani kebakaran dan bencana lainnya.

“Kita sangat bangga dan berterimakasih, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mendapatkan perhatian dari pak bupati, ditengah minimnya anggaran,” ujar Sefri.

Sefri Masdian mengatakan, satu unit mobil pemadam kebakaran yang diresmikan tersebut merupakan hasil pengadaan dari APBD Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2024.

Menurutnya, penambahan armada sangat dibutuhkan, mengingat banyaknya evakuasi kebakaran yang dilakukan oleh Dinas Damkar dan Penyelamatan sepanjang tahun 2023.

“Terdapat 316 kasus kebakaran sepanjang tahun 2023. Sebelumnya, di tahun 2022 hanya terjdi 75 kasus kebakaran, Banyaknya kasus kebakaran ini dikarenakan dampak elnino, oleh karena itu pengadaan armada ini sangatlah diperlukan,” kata Sefri.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, berpesan, agar mobil damkar tersebut dapat dijaga dengan baik dengan melakukan perawatan secara berkala.

“Kita harus benar-benar mempunyai rasa memiliki ketika kendaraan ini sudah bisa dioperasionalkan. Kuncinya perawatan, ini milik kita harus kita jaga,” kata Nanang.

Pada kesempatan itu, Nanang juga menekankan pentingnya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Dinas Pemadam Kebakaran.

Menurut Bupati Nanang, kehadiran mobil pemadam kebakaran baru tersebut juga harus diiringi dengan pelatihan intensif bagi para personel Damkar, agar mereka dapat memaksimalkan penggunaan peralatan dan teknologi yang ada.

“Mobil Damkar ini jangan untuk belajar-belajaran, jangan bawanya main hantam aja. Jadi benar-benar dilatih dan dididik. Sehingga mobil ini bisa benar-benar terjaga,” pungkas Nanang.

Perlu diketahui bahwa Mobil dengan teknologi terbaru ini merupakan produksi dari PT. Matra Perkasa Utama, yang beralamat di Kota Bekasi, Jawa barat. 

PT. Matra merupakan salah satu karoseri mobil pemadam kebakaran terbaik di Indonesia. Semua armada mobil damkar produksi PT Matra sudah terbukti dan diakui mempunya kualitas terbaik, awet, handal, dan kuat. (BD/C45)
0

Posting Komentar